Main Menu

Pada bulan Maret 2020, Sekolah Pembangunan Jaya menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan demi terjaganya kesehatan seluruh civitas Sekolah Pembangunan Jaya mengikuti keputusan pemerintah. Adanya keputusan tersebut membuat Sekolah Pembangunan Jaya dengan sigap mempersiapkan pembelajaran jarak jauh berbasis ilmu teknologi demi terjaganya keberlangsungan pembelajaran siswa di rumah.

Pembelajaran jarak jauh dipersiapkan sedemikian rupa dengan cepat oleh Sekolah Pembangunan Jaya agar siswa tetap dapat melakukan pembelajaran yang maksimal. Mulai dari penggunaan aplikasi Google Classroom, Google Meet, Quintal, Computer Based Test (CBT), dan media pembelajaran jarak jauh lainnya yang dirasa perlu untuk memenuhi kebutuhan siswa selama belajar di rumah. Meskipun dengan adanya beberapa kekurangan dalam penerapan pembelajaran jarak jauh dikarenakan persiapan yang kurang matang dengan kurangnya waktu yang ada akibat pandemi Covid-19 yang secara tiba-tiba menyerang, namun Sekolah Pembangunan Jaya tetap berusaha memberikan yang terbaik.
Untuk menyambut tahun pelajaran baru, Sekolah Pembangunan Jaya telah mempersiapkan metode pembelajaran jarak jauh berbasis ilmu teknologi dengan
lebih matang dari sebelumnya. Salah satunya dengan membuat Buku Pendamping Orang Tua untuk TK dan SD kelas rendah (1, 2, dan 3) Pembangunan Jaya agar orang tua dapat lebih berperan aktif dalam mendampingi pembelajaran siswa di rumah selama penerapan pembelajaran jarak jauh. Hal ini dilakukan agar siswa dapat maksimal dalam mengikuti pembelajaran di rumah dengan pendampingan dan bimbingan dari orang tua.
Bimbingan menjadi salah satu proses yang dapat dijadikan sebagai cara pencapaian suatu pendidikan. Salah satunya adalah bimbingan dari orang tua untuk anak. Orang tua memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang besar untuk pendidikan anak dalam proses belajar, terutama pada kondisi pandemi Covid-19.
Orang tua mempercayakan sekolah untuk mendidik anak mereka agar mendapatkan pendidikan yang terbaik, namun orang tua juga perlu memberikan pendampingan kepada anaknya, terlebih kurangnya pertemuan antara siswa dan guru selama penerapan pembelajaran di rumah. Akibatnya siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran sekolah dengan maksimal, seperti lupa mengumpulkan tugas, tidak mengikuti pertemuan secara virtual dengan guru mata pelajaran, bermain game terlalu banyak yang membuatnya begadang dan bangun terlambat, serta berbuat semaunya sendiri yang menurutnya itu benar.
Kesulitan yang dialami siswa dalam proses belajarnya di rumah akan menyebabkan siswa menjadi kurang berhasil mencapai prestasi belajar. Prestasi belajar yang optimal akan diraih bila adanya dukungan, bimbingan, serta arahan yang diberikan oleh orang tua kepada anak.
Untuk itu, modul ini diharapkan dapat menjadi pegangan orang tua siswa TK dan SD kelas rendah (1, 2, dan 3) Pembangunan Jaya Bintaro dalam mendampingi serta membimbing siswa dalam mengikuti pembelajaran di rumah selama pandemi Covid-19 agar siswa tetap dapat maksimal dalam mengikuti pembelajaran di rumah dan mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal.
Untuk selengkapnya, dapat dilihat melalui tautan berikut.


https://drive.google.com/file/d/1MLXmrdSq6Ejz_vniVHuuBoPczBY9J8NN/view?usp=sharing

Back to top