Kurikulum yang diterapkan adalah Smart Curriculum yaitu kurikulum nasional yang diperkaya dengan program unggulan, didiferensiasikan berdasarkan usia perkembangan, yang sesuai dengan keragaman bakat dan keunggulan setiap siswa.

 

Kurikulum nasional (Kurikulum 2013) menjadi panduan dalam menerapkan model pembelajaran Sentra, Model pembelajaran sentra merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan sentra bermain pada saat pembelajaran. Sentra bermain merupakan area kegiatan yang dirancang di dalam atau di luar kelas, berisi berbagai kegiatan bermain dengan bahan-bahan yang dibutuhkan dan disusun berdasarkan kemampuan anak serta sesuai dengan tema yang dikembangkan dan dirancang terlebih dahulu.

 

Sentra memungkinkan anak untuk melakukan manipulasi terhadap berbagai obyek, terlibat dalam role playing saling bercakap-cakap dengan teman-temannya, bereksplorasi, berinteraksi secara fisik, emosional, sosial dan kognitif serta kegiatan variatif yang menarik lainnya. Sentra memberikan kesempatan pada anak untuk bermain baik secara individual, kelompok kecil/ besar dan bahkan secara klasikal. Dengan menggunakan sentra bermain aktif, anak akan terlibat secara aktif baik secara fisik maupun mental karena akan mendapatkan berbagai pengalaman belajar dengan melihat, mendengar dan mengerjakan secara langsung atau praktek langsung (learning by doing).

 

Pada model pembelajaran sentra ada beberapa macam sentra. Pemilihan sentra disesuaikan dengan berbagai multi kecerdasan yang akan dikembangkan, yaitu :

  1. Sentra Bahan Alam

    Sentra bahan alam bertujuan untuk memberikan pengalaman pada anak mengeksplorasi berbagai materi. Anak bermain sambil belajar untuk menunjukkan kemampuan menunjukkan, mengenali, membandingkan, menghubungkan dan membedakan. Diharapkan anak akan memiliki ide dan kepekaan terhadap pengetahuan dan alam sekitar sehingga tumbuh motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar.

     
  2. Sentra Seni

    Sentra seni memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan berbagai keterampilannya, terutama keterampilan tangan dengan menggunakan berbagai bahan dan alat, seperti: melipat, menggunting, mewarnai, membuat prakarya, melukis dan membuat prakarya dengan menggunakan adonan. Anak bermain sambil belajar mengasah rasa keindahan, membangun kemandirian, kerja sama, tanggung jawab, bersosialisasi, melatih koordinasi mata, tangan, kaki dan pikiran.

  3. Sentra Bermain Peran Makro

    Sentra bermain peran makro mendukung sepenuhnya pada perkembangan bahasa dan interaksi sosial. Bermain peran makro adalah bermain peran yang seakan-akan anak bermain sesuai dengan yang sesungguhnya.


  4. Sentra Bermain Peran Mikro

    Sentra bermain peran mikro sama dengan bermain peran makro, tetapi pada mikro anak menggunakan miniatur dari kehidupan sosial manusia, misalnya anak menggunakan rumah Barbie dan boneka untuk bermain.

  5. Sentra balok

    Sentra balok membantu perkembangan anak dalam keterampilan berkonstruksi, mengembangkan kemampuan visual spasial dan matematika anak usia dini.

  6. Sentra Persiapan

    Sentra persiapan berfokus untuk memberikan kesempatan pada anak mengembangkan kemampuan matematika, pra menulis dan pra membaca, dengan kegiatan antara lain: mengurutkan, mengklasifikasikan, dan mengelompokkan berbagai aktivitas lainnya yang mendukung perkembangan kognitif anak.

Program pengembangan dilaksanakan secara holistik dengan mengacu pada kemajuan science dan teknologi serta penanaman budi pekerti dalam konteks bermain. Tujuannya agar siswa berkembang sesuai dengan aspek perkembangan anak usia dini yaitu nilai agama dan moral, fisik - motorik, kognitif, bahasa, sosial - emosional, dan seni. Keenam aspek ini harus berkembang secara optimal agar anak bisa melangkah ke perkembangan selanjutnya.

 

Penanaman pendidikan karakter dilakukan melalui pembiasaan, sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi segala tantangan di kehidupannya. Adapun 16 karakter yang menjadi fokus pembiasaan karakter di sekolah :

 

No

Karakter

No

Karakter

No

Karakter

No

Karakter

1

Bertaqwa

5

Kreatif

9

Sabar

13

Menyesuaikan diri

2

Saling menghargai

6

Estetis

10

Mandiri

14

Tanggung jawab

3

Hidup sehat

7

Percaya diri

11

Peduli

15

Jujur

4

Ingin tahu

8

Disiplin

12

Toleransi

16

Rendah hati

 

Back to top